SMK Telkom Makassar

PENGUATAN KOMPETENSI GURU SMK PUSAT KEUNGGULAN MELALUI PROGRAM MAGANG GURU

Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) adalah salah satu program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud pada tahun 2021. Program ini berfokus pada peningkatan kualitas dan kinerja siswa SMK melalui kemitraan dan penyelarasan dengan kebutuhan dunia usaha, industri atau dunia kerja. Melalui program ini, diharapkan mampu menjadikan lulusan SMK siap memenuhi dan bersaing dengan kebutuhan industri yang setiap tahun mengalami banyak perubahan yang signifikan. Tak hanya itu, lulusan SMK pun diharapkan bisa menjadi wirausahawan dengan skill dan kompetensi yang dimiliki. 

 Pada tahun 2022, SMK Telkom Makassar terpilih menjadi SMK Pusat Keunggulan untuk Provinsi Sulawesi Selatan bidang Rekayasa Perangkat Lunak. Seperti yang diketahui program ini diperuntukkan bagi SMK yang memiliki kompetensi unggul di bidangnya. Dalam upaya meningkatkan kompetensi SDM termasuk guru, para guru SMK Telkom dilibatkan langsung untuk memgikuti program magang guru di beberapa mitra Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI). SMK Telkom Makassar saat ini bekerja sama dengan 2 DUDI dalam program magang guru yaitu PT Grocee Teknologi Indonesia yang bergerak dibidang pengembangan aplikasi berbasis android, iOS, dan web yang saat ini fokus mengembangkan aplikasi marketplace grocee,  dan PT Smart Inovasi yang juga bergerak di bidang yang sama.

Program penguatan SMK PK di SMK Telkom Makassar telah dimulai dari tanggal 19 Agustus dan tengah berjalan sampai saat ini. Adapun progres kegiatan magang guru Di PT Grocee sendiri, sejauh ini sudah masuk dalam tahap pengenalan dunia startup dan project planning untuk sebuah aplikasi yang nantinya akan dibuat. Pada hari pertama, para guru dibagi menjadi 5 posisi yaitu product manager, ui/ux, mobile dev, web dev, dan back end. Sementara itu, para guru yang magang di PT Smart Inovasi, saat ini masih dalam tahap pembuatan desain proyek.

Pak Rahmat Dani, selaku guru yang mengajar mata pelajaran PWPB (Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak) dan Ibu Ayu selaku guru yang mengajar mata pelajaran kejuruan TEL (Teknik Telekomunikasi) merupakan satu dari beberapa guru yang mengikuti program magang guru tersebut. Pak rahmat dani mengaku bahwa program ini sangat bermanfaat untuk kedepannya karena dengan mempelajari langsung kebutuhan industri menjadi gambaran buat guru untuk mempersiapkan siswa agar dapat memenuhi kebutuhan DUDI. Pendapat yang sama pun juga disampaikan oleh Bu Ayu, bahwa program ini memberi kesempatan kepada para guru untuk memperbarui pengetahuan terkait aplikasi – aplikasi terbaru yang digunakan oleh industri, dan tentunya akan diajarkan ke siswa. Program magang guru direncanakan akan berlangsung selama 20 hari dan untuk penyelesaian projeknya ditargetkan dalam 6 bulan.  

- Kayla, Aulia. KIR 2022