Mengukur Kompetensi Siswa melalui Ujian Komprehensif

share: 

SMKTELKOM-MKS.SCH.ID - Sebanyak 315 siswa-siswi SMK Telkom Makassar (kelas XII) dari semua jurusan yakni Teknik Transmisi Telekomunikasi, Teknik Komputer dan Jaringan, Usaha Perjalanan Wisata dan Akomodasi Perhotelan mengikuti Ujian Komprehensif (Sabtu, 21 Januari 2017 bertempat di gedung D lantai II dan III).

Untuk mengefisienkan waktu dengan jumlah peserta ujian sebanyak 76 kelompok, sedikitnya 9 ruangan ujian yang disediakan oleh panitia. Di mana setiap ruangan ujian diisi 2 orang penguji.

Selain melibatkan penguji internal yakni guru produktif 9 orang, juga melibatkan penguji eksternal 9 orang dari kalangan Dunia Usaha Dunia Industri (DU/DI), yakni PT. Telkom Witel Makassar, PT. Telkom Akses Makassar, DPD ASITA Sul Sel dan DPD PHRI Sul Sel.

Tujuan umum pelaksanaan Ujian Komprehensif ini untuk menguji dan mengukur kompetensi kejuruan siswa setelah kurang lebih 3 bulan belajar di industri atau melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin). Tujuan khususnya semata-mata untuk menilai aspek teori dan penyajian laporan Prakerin siswa.

Beragam respons yang siswa berikan terkait kegiatan tersebut. 

"Selama saya mengikuti ujian komprehensif, tentunya ada rasa gugup dan takut salah ketika menjawab pertanyaan penguji. Tapi dengan percaya saya mampu menjawab dan menceritakan pengetahuan dan pengalaman saya selama di hotel, seperti bagaimana handling guest check-out (menangani tamu check-out), how to handling guest complaint (bagaimana menangani keluhan tamu)" tutur Rezky Amaliah R jurusan Akomodasi Perhotelan.

"Sebelum mengikuti ujian banyak dari kami yang merasa cemas karena harus mempertanggungjawabkan laporan Prakerin kami. Tapi alhamdulillah kami mampu melewatinya dengan baik. Penguji pun malahan memberi kami masukan konstruktif yang berguna bagi masa depan kami" ungkap Mahfudz Mutawalli M, siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. //[Arman Syarif]

Add new comment