Sejarah Singkat

SMK Telkom Makassar yang sebelumnya bernama SMK Telkom Sandhy Putra 2 dan SMK Telkom Sandhy Putra 2  bergabung (Merge) pada Juni 2014 dan selanjutnya berubah nama  menjadi SMK Telkom Makassar dengan dicanangkannya Telkom Schools oleh Telkom Foundation.

Yayasan Sandhykara Putra Telkom (YSPT) pada awalnya didirikan oleh persatuan istri  karyawan PERUMTEL  (sekarang PT.Telekomunikasi Indonesia)  pada tanggal 17 Januari 1980 dengan Akta Notaris Masri Husen,SH. Anggaran Dasar YSPT yang merupakan landasan operasional yayasan senantiasa mengadakan penyesuaian dengan situasi dan kondisi yang ada, sehingga  telah mengalami beberapa kali  perubahan dan terakhir dengan Akta Notaris Erny Kencanawati, SH.MH, Nomor 15 tanggal 16 Juni 2006 telah tercatat dalam daftar Yayasan berdasarkan surat DIRJEN Administrasi Hukum Umum Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia No : C-HT.01.09-34 tanggal 29 Januari 2007.  Undang-undang No.16 tahun 2001 tentang yayasan dan perubahannya dalam undang-undang No.28 tahun 2004 tentang perubahan atas undang-undang No.16 tahun 2001 tentang yayasan mengharuskan setiap yayasan untuk menyesuaikan Anggaran Dasar dengan undang-undang tersebut. Pada saat ini YSPT telah menyesuaikan Anggaran Dasar yang baru yang mengacu pada Undang Undang RI Nomor.16 tahun 2001 tentang Yayasan jo UU RI Nomor. 28 tahun 2004 tentang perubahaan atas UU Nomor.16 tahun 2001 tentang Yayasan.

Maksud dan tujuan didirikannya Yayasan ini adalah untuk ikut berperan serta dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga besar Perusahaan Perseroan (Persero) PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk khususnya dan menunjang pembangunan masyarakat Indonesia pada umumnya melalui bidang Pendidikan dan Sosial.